Politik
Kamis 14 Mei 2020 | 16:53 WIB
Laporan: munawar
Pilkada Bandung, Sejumlah Nama Kandidat Muncul dan Beredar di Masyarakat

Visione – Pilkada serentak merupakan pengalaman pesta demokrasi dimana sejumlah daerah akan menggelar pemilihan Gubernur, Bupati/Walikota secara bersamaan. Menjelang tahapan pelaksanaan pilkada, sebagian besar masyarakat belum mengenal kandidat calon Bupati/Wakil Bupati Bandung
Menjelang tahapan pilkada, masih banyak masyarakat belum mengenal kandidat calon Bupati/Wakil Bupati Bandung. Sebagaimana tergambar dalam hasil survey lembaga Visi Institute yang mengukur bagaimana pengetahuan dan preferensi masyarakat terhadap kandidat calon Bupati/Wakil Bupati Bandung
Ahmad Munawaruzaman peneliti Visi Institute menjelaskan, survey ini dilaksanakan dalam periode 5-20 februari di Kab Bandung dengan jumlah responden 400 orang dan margin of eror 5%. Responden di ambil secara acak, berjenjang dan proporsional baik dari sebaran, usia, pendidikan dan jenis kelamin. survey ini dilakukan secara langsung tatap muka dan mengajukan kuisioner terhadap responden.
Dari hasil survey tersebut, pengetahuan masyarakat Bandung terhadap pelaksanaan pilkada masih rendah. Begitu juga pengetahuan masyarakat terhadap calon Bupati/Wakil Bupati Bandung cukup rendah.
Berdasarkan hasil survey tersebut Tercatat 70% masyarakat belum mengenal Bupati/Wakil Bupati Bandung. "Hasil survey tersebut menyimpulkan, hanya 30% masyarakat yang mengenal kandidat calon Bupati/Wakil Bupati Bandung". ujar Ahmad
Berikut nama-nama yang terekam dalam survey dan di kenal masyarakat yaitu Nia Naser, Deding Ishak, Dadang Supriatna, Yena Iskandar Ma’soem, Ahmad Hidayat, Syahrul Gunawan, Doni Mulyana, Ade Abdul Aziz, Asep Syamsudin, A.Mulyana, Asep B.Kurnia, Iman Wargadinata, Gun-Gun.
30% masyarakat Bandung mengenal nama calon tersebut dengan tingkat popularitas masing-masing.
Dari hasil survey di ketahui faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi pilihan masyarakat yaitu kenal langsung, rekam jejak calon dan pengaruh tokoh masyarakat.
Dari hasil survey diketahui media yang paling efektif mempengaruhi massa yaitu tatap muka, atribut calon dan media online/social media
Comment