Pendidikan

Selasa 15 Agustus 2023 | 14:18 WIB

Laporan: Alif

44 Mahasiswa Uhamka Siap Berikan Kontribusi Nyata di Bidang Industri melalui MSIB

Dokumentasi Uhamka

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melepas 44 mahasiswa dari beberapa program studi untuk mengikuti Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Tahap 5 2023. Acara dilaksanakan di Aula AR Fachrudin Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Selasa (15/8).

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Eko Digdoyo selaku Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswan Karir dan Alumni (BPPKKA), Sugiono Kepala Divisi Pembinaan Kemahasiswaan BPPKKA, Prestasi dan Ortom, Khadirin selaku Kepala Divisi Pengembangan Karir dan Soft Skill BPPKKA, Muhammad Arifin Rahmanto selaku Kepala Divisi Tracer Studi dan Alumni BPPKKA, jajaran wakil dekan bidang kemahasiswaan, jajaran kaprodi Uhamka, 44 mahasiswa Uhamka, dan stakeholders.

Eko Digdoyo selaku Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswan Karier dan Alumni (BPPKKA) dalam laporannya menyampaikan, 600 mahasiswa Uhamka berantusias mendaftar MSIB. Namun pemerintah melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) sebagai penyelenggara MSIB yang diterima hanya 44 peserta. Menurutnya 44 mahasiswa Uhamka ini telah membangkan institusi karena telah lolos dan berkesempatan mengikuti MSIB.

“Ini merupakan penghargaan yang luar biasa. Nanti para mahasiswa akan berhadapan dengan dunia industri secara langsung. Pesan saya agar dapat beradaptasi dimana anda ditempatkan, untuk itu para mahasiswa termasuk yang terpilih pasti bisa beradaptasi dan bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Tentu data mahasiswa yang terpilih akan dihimpun dan dilaporkan, yang tentunya setelah magang ini selesai harus ada luaran dan laporan kegiatan magang, untuk itu lebih awal kami mengingatkan. Silakan semuanya ditaati. Mudah-mudahan kedepannya akan lebih banyak lagi kapasitas mahasiswa Uhamka untuk  berpartisipasi di MSIB tahap selanjutnya,” ujar Eko.

Di lain pihak, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka menuturkan terima kasih kepada BPPKKA Uhamka karena telah memfasilitasi adanya MSIB dan berterima kasih kepada mahasiswa yang berkontribusi nyata dalam MSIB tahap 5 untuk kampus dan bangsa. Ia menjelaskan, MSIB ni adalah manifestasi dari alam fikir manusia yang tidak boleh berhenti belajar, yang harus belajar secara terus-menerus tanpa batas waktu dan tempat. Betapa ruginya hidup kita jika mendefinisikan belajar sekadar di ruang kelas dan hanya untuk ujian. Maka karena itu, motivasi mahasiswa ikut MSIB itu hanya karena orientasi magang atau sertifikat sudah bagus tetapi juga harus memanifestasikan diri sendiri untuk tumbuh lebih baik. Orang yang banyak pengalaman, pengetahuan, pergaulan nya akan tumbuh menjadi pribadi yang matang.

“Kemudian, pada satu sisi ditengah perubahan dunia, menteri pendidikan sangat adaptif terhadap perubahan. Karena kenyataannya dunia pendidikan dan industri ada kesenjangan, maka kita harus membangun irama yang proposional.  Yang terakhir, dimanapun anda ditempatkan maka pribadi anda akan direkam oleh perusahaan. Pribadi yang disiplin dan berkarakter itu penting maka harus benar-benar diperhatikan. Pahami betul tempat anda, jangan membawa diri sekehendak hati. Pentingnya adaptasi terhadap budaya perusahaan, pekerjaan, pola komunikasi dan rasa hormat kepada orang lain. Saya ingin melepas dengan niat yang baik, ilmu yang baik, dan kemampuan adaptasi yang baik. Karena hidup kita bukan untuk diri sendiri tetapi untuk  kampus, bangsa, dan perusahaan,” tutur Fajri.

Comment