Pendidikan

Selasa 23 April 2024 | 08:34 WIB

Laporan: Alif

Kuatkan Kembali Sinergi Persyarikatan, Uhamka Adakan Silaturahmi Idulfitri

Dokumentasi Uhamka

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Silaturahmi Idulfitri dengan mengangkat tema Sempurnakan Kemenangan Sejati, Syiarkan Karunia Ilahi, Wujudkan Keunggulan Institusi yang diselenggarakan di Aula A.R Fachruddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Senin. (22/4)

Kegiatan Silaturahmi merupakan pertemuan dan saling maaf-memaafkan dari jajaran pimpinan, dekan, wakil dekan, dosen dan Tenaga Kependidikan Uhamka setelah sebulan berpuasa Ramadan dan merayakan Idulfitri.

Kegiatan yang berlangsung khidmat dan dihadiri oleh Prof. Dadang Kahmad selaku Ketua PP Muhammadiyah sekaligus Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka, Nurhadin selaku Anggota BPH Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Anisia Kumala selaku Wakil Rektor I Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, serta jajaran pimpinan Uhamka yang berasal dari Kepala Biro, Lembaga, Dekan, dan Wakil Dekan juga jajaran dosen dan Tenaga Kependidikan Uhamka.

Prof. Dadang Kahmad dalam tausiahnya menyampaikan pentingnya dalam menjaga Silaturahmi sebagai bagian dari peningkatan keimanan dan ketakwaan seorang muslim dengan selalu besosialisasi kepada sesama kerabat dan saudara.

“Dalam agama Islam, ukuran Keimanan dan Ketakwaan seorang muslim berbasis kepada perilaku atau akhlaknya dalam menjaga hubungan sosial kepada sesama kerabatnya. Menjaga Silaturahmi merupakan bagian dari ikhtiar kita untuk beriman kepada Allah SWT,” ucap Prof. Dadang.

Selain itu, Pak Nurhadin selaku Anggota BPH Uhamka juga menyampaikan selama menjalani ibadah Puasa Ramadan, umat muslim dilatih untuk mengatur Jasmani dan Ruhani dalam mengendalikan diri.

“Kemenangan yang alamiah adalah ketika manusia kembali ke Fitrah. Selama Puasa Ramadan, Kita melatih dan mengatur Jasmani serta Ruhani kita untuk bisa mengendalikan diri dalam melawan hawa nafsu dan segala perbuatan dosa,” ujar Nurhadin.

Selanjutnya, Prof. Gunawan Suryoputro dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Silaturahmi ini sebagai penguatan sinergi dan kebersamaan antara jajaran pimpinan, dosen dan stakeholders Uhamka sesuai dengan anjuran Islam dan Persyarikatan Muhammadiyah.

“Kegiatan Silaturahmi ini ditujukan dalam membangun sinergi dan kebersamaan kita sesuai dengan anjuran Islam dan Persyarikatan untuk saling memaafkan, karena kita pasti pernah melakukan kesalahan kepada sesama kerabat kerja di Uhamka. Dalam momen ini kita rajut kembali kebersamaan dan terus berikhtiar dalam bekerja keras dalam meningkatkan keunggulan SDM agar Uhamka terus menjadi Center of Excellent University,” pungkas Prof. Gunawan.

Kegiatan dilanjutkan dengan bersalaman serta jabat tangan untuk saling memaafkan sesama jajaran Pimpinan Uhamka, Dekan dan Wakil Dekan serta Stakeholders yang ada di Uhamka.

Comment