Pendidikan

Jumat 30 Juli 2021 | 19:52 WIB

Laporan: Arifai

Mahasiswa Universitas Pamulang Fakultas Hukum Berikan Edukasi Dampak Teknologi Kepada Anak-Anak Panti Asuhan Yos Sudarso

Edukasi dampak teknologi, panti asuhan Yos Sudarso Jl. Cilandak Permai pasar Minggu. Jakarta Selatan

Visione.co.id - Mahasiswa Falkutas Hukum Univesitas Pamulang mengadakan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang diselenggarakan selama tiga hari yang dimulai dari hari jumat sampai minggu (4 – 6 Juni 2021) di Yayasan Yos Sudarso Jl. Cilandak Permai pasar Minggu. Jakarta Selatan dengan tema “Sisi Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi di Era Milenial dan Edukasi Terhadap Kebijakan Bersosial Media” .

Pada kegiatan tersebut diketuai oleh Iman sekaligus sebagai pemateri menyampaikan materi dengan penuh semangat dan namun tetap dalam suasana santai sehingga anak-anak panti asuhan Nampak serius menyimak materi yang sesekali diselingi dengan tepuk tangan dan tawa menambah suasana terkesan lebih akrab dan menyatu. Acara tersebut diawali dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan. Ibu Novita Nurhayati selaku penanggung jawab panti merasa senang dan berterima kasih kepada para Mahasiswa Universitas Pamulang yang telah menyempatkan waktu, fikiran, dan tenaganya untuk membantu kami disini memberikan pemahaman dan berbagi ilmu kepada anak-anak asuh kami” pungkasnya

Dengan adanya kegiatan ini memberikan suasana dan nuansa baru di panti ini, semoga kegiatan ini menjadi ladang pahala untuk kita semua yang ikut andil dan membantu dalam kelancaran acara ini. Amin..” Imbuhnya dengan pengan penuh syukur.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu kegiata rutin yang harus dijalankan dan menjadi agenda rutin Universitas Pamulang, karena kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian. Ibu Nurhayati, S.H., M.H dosen Universitas pamulang sekaligus pembimbing kegiatan tersebut menyampaikan rasa haru dan terimakasih kepada pengurus panti asuhan Yos Sudarso yang telah memberikan kesempatan kepada kami dan menyambut kami dengan baik” pungkasnya.

Semoga semua yang kami sampaikan dalam kegiatan ini menjadi nilai tambah dan memberikan dampak positif terutaman untuk anak-anak panti disini” imbuhnya.

Lebih jelas lagi Nurhayati memaparkan dalam sambutannya mengenai pentingnya pemahaman mengenai dampak teknologi sangat penting sekali kita berikan kepada anak-anak sejak dini sehingga mereka akan lebih berhati-hati dan bijak dalam mengunakan sosial media (sosmed) karena semua akan memiliki dampak baik positif maupun negatif.

Kegiatan PKM dilaksanankan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yang mana panitia PKM telah menyiapkan semua kebutuhannya seperti halnya masker medis dan hand sanitizer, yang dibagikan kepada semua peserta yang saat mengisi daftar absensi mempersilahkan masuk kedalam ruangan yang telah disiapkan panitia dan meminta peserta untuk menjaga jarak dengan peserta lainnya.

Untuk menghilangkan rasa jenuh menambah keakraban, selesai acara Iman selaku pemateri memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta dan memberikan hadiah kepada peserta yang mampu menjawabnya Hadiah tersebut dimaksudkan supaya peserta merasa terpacu, selektif dan aktif dalam mengikuti acara PKM hingga acara tersebut selesai. Sepanjang pemaparan materi para peserta sangat antusias mendengarkan, bertanya maupun menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemateri, terlebih karena tema PKM ini sangat menarik dan sesuai dengan usia peserta, lalu tidak dipungkiri lagi teknologi dan sosial media pada saat ini sangat digandrungi oleh para remaja bahkan seperti hidup berdampingan yang tak bisa lepas dari teknologi dan sosial media.

Comment