Internasional

Kamis 20 Oktober 2016 | 22:49 WIB

Laporan: Fahreza Rizky

Presiden Filipina Deklarasikan Perpisahan dengan AS

source: gatra.com (google)

Visione.co.id, Beijing - Presiden Filipina Rodrigo Duterte akhirnya resmi mendeklarasikan perpisahan dengan Amerika Serikat. Pernyataan ini disampaikan pada saat dia tengah mencoba memperbaiki hubungan diplomatik antara Filipina dengan China.

"Saya umumkan perpisahan kami dengan Amerika Serikat," ujar Duterte dihadapan dua pejabat tinggi kedua negara, Kamis (20/10).

Pernyataan Duterte mengenai perpisahan Filipina dengan sekutu lamanya ini disampaikan setelah dirinya menggelar pertemuan dengan Presiden Xi Jinping dalam kunjungan kerja ke China.

Diketahui, kedua pimpinan negara ini sudah bersepakat untuk memperkuat kerja sama, persahabatan dan rasa saling percaya dengan meminggirkan masalah wilayah Laut China Selatan.

Banyak kalangan mengganggap kunjungan Duterte ke China ini sebagai langkah untuk mempertegas niatnya menjauhkan Filipina dari AS.

Sebelumnya, tanda-tanda Duterte ingin menyingkirkan AS sudah beberapa kali mengemuka, salah satunya tentang pembatalan patroli bersama di Laut China Selatan. Kemudian, beberapa kali Duterte melontarkan pernyataan 'pedas' terhadap Presiden Barack Obama yang mengkritik perang melawan narkoba. (frz)

Comment