Kampus

Rabu 28 Desember 2022 | 13:59 WIB

Laporan: tom

Penyuluhan Internet Sehat Bagi Para Santri Pondok Pesantren Zumratul Huda

peserta Kerja Praktek dan pimpinan tempat kerja praktek

visione - Sebagai salah satu implementasi dari kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang menggelar pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat dilakukan di Pondok Pesantren Zumratul Huda Kota Depok, Jawa Barat pada hari Minggu (25/12/2022).

Kegiatan ini mengangkat judul "Penyuluhan Internet Sehat Bagi Para Santri Pondok Pesantren Zumratul Huda" Hal ini penting untuk memberikan pemahaman yang baik kepada para santri dan santriwati Pondok Pesantren Zumratul Huda tentang Internet Sehat. Tujuannya agar nantinya para santri dan santriwati dapat memanfaatkan teknologi internet secara baik dan benar. Terlebih saat ini teknologi internet sedang berkembang pesat dan harga paket data semakin terjangkau sehingga sangat mudah mengakses internet.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan oleh Dosen Teknik Informatika yang teridiri dari Tomi Hidayat, S.Kom, M.Kom., Ichsan Ramdhani, S.TP., M.TI. dan I Made Sugi Ardana, S.T., M.TI. Adapun peserta kegiatan adalah santri dan santriwati Pondok Pesantren Zumratul Huda. Hadir juga para guru dan pengurus Pondok Pesantren Zumratul Huda.

Ketua Pengabdian kepada Masyarakat, I Made Sugi Ardana, S.T., M.TI. dalam sambutannya pada saat pembukaan menekankan pentingnya pembekalan pengetahuan internet sehat bagi para santri dan santriwati. Meskipun pada saat berada di pondok pesantren para santri dan santriwati dibatasi dalam hal akses internet, namun ketika berada di luar pondok pesantren hasrat untuk mengakses internet bisa menggebu-gebu. Dengan memiliki pemahaman yang baik mengenai internet sehat, diharapkan para santri dan santriwati dapat memilih dan memilah konten internet yang diakses disesuaikan dengan usia dan kebutuhannya.

Tomi Hidayat, S.Kom, M.Kom. sebagai narasumber mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kewajiban rutin setiap semester yang harus dilaksanakan oleh Dosen Universitas Pamulang sebagai wujud pelaksanaan kewajiban salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kegiatan PKM ini rutin kami lakukan setiap semester sebagai bentuk kepedulian kami sebagai insan akademik untuk turut berbagi pengalaman dalam menghadapi persoalan di masyarakat, kami berharap penyuluhan ini dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari" ujarnya kepada Visione.

"Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada Ust. Solihin sebagai Pengasuh Pondok Pesantren, dan Ust. Syarifuddin, S.Pd.I sebagai Pembina Pondok Pesantren Zumratul Huda atas kesempatan yang diberikan. Juga kepada santri dan santriwati serta para pengurus dan para guru yang telah antusias mengikuti penyuluhan ini dari awal sampai selesai" tuturnya

Pembina Pondok Pesantren Ust. Syarifuddin, S.Pd.I menyambut baik kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang.

Ust. Solihin sebagai Pengasuh Pondok Pesantren juga berharap kegiatan PKM bisa berlanjut di masa mendatang dengan tema-tema yang disesuaikan dengan kebutuhan Pondok Pesantren, "Kami sangat menyambut baik dan bersyukur serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang yang telah memberikan penyuluhan kepada para santri dan santriwati, semoga kegiatan ini bisa berlanjut di lain kesempatan" imbuhnya kepada Visione.

Comment