Opini

Senin 11 Oktober 2021 | 15:09 WIB

Laporan: Uswatun Khasanah

Perkembangan Teknologi E-Commerce Pada Dunia Bisnis di Era Pandemi.

Uswatun Khasanah. Mahasiswi S1 Akuntansi Universitas Pamulang

Di Indonesia teknologi informasi semakin berkembang. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengalami pembaharuan dan perubahan yang begitu cepat. Perkembangan teknologi ini mendukung adanya teknologi internet. Perkembangan teknologi ini juga memiliki dampak positif bagi sebagian bidang, seperti pendidikan, pemerintahan, kesehatan, dan terutama pada bidang bisnis. Dengan adanya internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas bisnisnya.

Di zaman yang sudah banyak mengalami perkembangan teknologi, gaya hidup manusia juga semakin berkembang. Terdapat perkembangan teknologi baru yaitu E-Business dan E-Commerce. Pada prinsipnya, E-Commerce melibatkan transaksi uang, sedangkan dalam E-Business tidak melibatkan transaksi uang. E-business itu meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. E-business mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan.

Saat ini Indonesia sedang mengalami pandemi yang sudah berangsur sangat lama. Pandemi ini berdampak sekali pada kehidupan masyarakat mulai dari kesehatan hingga suatu bisnis. Sebagian pelaku bisnis pasti banyak sekali merasakan dampak negatife dari pandemi. Mulai dari berkurangnya pelanggan, hingga menurunnya pendapatan. Para pelaku bisnis pasti akan berusaha dengan berbagai cara agar bisnisnya tetap terus berjalan meskipun sulit dilaluinya, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan adanya teknologi e-commerce.

Untuk sebagian orang pasti tidak asing lagi dengan istilah E-Commerce. E-commerce merupakan suatu proses pembelian, penjualan, atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. Di era teknologi yang semakin canggih saat ini pelanggan yang ingin mengakses E-Commerce tidak harus berada di suatu tempat, karena di kota besar atau kecil sekalipun Indonesia memiliki banyak tempat yang menyediakan fasilitas akses internet hanya dengan menggunakan handphone, laptop/notebook dan menggunakan teknologi wifi. Dengan demikian, saat ini sangat diperlukan dan penting bagi perusahaan-perusaan bisnis untuk mengimplementasikan layanan E-Commerce.

Dalam keadaan pandemi teknologi E-Commerce saat ini sudah menjadi bagian penting bagi sebagian perusahaan bisnis. Sebagian dari perusahaan bisnis saat ini lebih mengutamakan bisnisnya dijalankan secara online menggunakan untuk mempertahankan bisnisnya. Karena banyak kebijakan-kebijakan baru pemerintah yang berkaitan dengan pandemi ini, sehingga banyak pula masyarakat yang mengubah kebiasaan hidupnya yang awalnya berbelanja secara langsung sekarang memilih belanja secara online, menjadikan suatu bisnis mengalami lebih mudah dikenal masyarakat, jangkauan bisnisnyapun akan semakin luas dan akan lebih mudah mendapatkan pelanggan. Bisnis E-Commerce di Indonesia semakin menjanjikan. Di tengah pandemi, bisnis dagang berbasis digital ini bahkan semakin meningkat. Saat ini dengan semakin meluasnya teknologi E-Commerce juga menjadikan peluang usaha bagi seseorang yang ingin memulai berdagang secara online, sehingga akan banyak berkurangnya pengangguran-pengangguran.

*Penulis adalah Mahasiswi S1 Akuntansi Universitas Pamulang.

*Segala bentuk isi tulisan menjadi tanggung jawab penulis

Comment